Gelar PKKMB T.A 2024/2025, Unrika Terima 2.012 Mahasiswa Baru Gelar PKKMB T.A 2024/2025, Unrika Terima 2.012 Mahasiswa Baru

Gelar PKKMB T.A 2024/2025, Unrika Terima 2.012 Mahasiswa Baru

Gelar PKKMB T.A 2024/2025, Unrika Terima 2.012 Mahasiswa Baru. (Foto : dok/Ds/ist)

SMSNEWS.id | Batam - Universitas Riau Kepulauan (Unrika) menggelar kegiatan PKKMB Tahun Akademik (T.A) 2024/2025. PKKMB adalah singkatan dari Pengenalan Kehidupan Kampus untuk Mahasiswa Baru. Program ini dibuat untuk menggandakan program orientasi studi dan pengenalan kampus atau OSPEK.

Kegiatan ini menjadi syarat wajib bagi mahasiswa baru untuk mendapatkan sertifikat yang dapat dicatatkan dan dimuat dalam SKPI atau Surat Keterangan Pendamping Ijazah ketika lulus sarjana nanti. Masa pelaksanaan PKKMB di UNRIKA 2 hari yaitu pada Sabtu tanggal 28 September dan Minggu 29 September 2024. Acara dimulai sejak pukul 07.00 WIB sampai  dengan selesai.

Tujuan utama dari kegiatan ini adalah memberikan pembekalan kepada mahasiswa baru agar dapat lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan kampus, khususnya kegiatan pembelajaran dan kemahasiswaan. Selama pembekalan mahasiswa baru akan diberikan pemahaman dari program gerakan nasional revolusi mental yaitu Indonesia melayani, Indonesia bersih, Indonesia tertib, Indonesia mandiri, dan Indonesia bersatu.

Adapun jumlah mahasiswa baru yang mengikuti PKKMB sebanyak 2.012 mahasiswa yang telah dinyatakan lulus seleksi dari jumlah pendaftar sebelumnya sebanyak 2.420 mahasiswa baru.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Batam, Edwin Agung Wibowo, S.E., M.Comm, Wakil Rektor III, Dr. Dahrul Aman Harahap, S.Pt., M.M., M.Pd., dan Amsakar Achmad selaku Tokoh di Kota Batam dan juga merupakan mantan Dekan FISIPOL Unrika.

Dalam sambutannya, Amsakar Achmad mengajak mahasiswa untuk menjadi pribadi yang seimbang, tidak hanya fokus pada prestasi akademis tetapi juga aktif berperan dalam organisasi kampus. Menurutnya, masa perkuliahan adalah kesempatan emas untuk membentuk karakter dan mengasah kemampuan kepemimpinan.

"Jangan hanya terpaku pada pelajaran di kelas. Manfaatkan waktu untuk terlibat aktif dalam organisasi, karena disanalah kalian akan belajar kepemimpinan, kerja sama, dan pemecahan masalah, hal-hal penting yang akan mempersiapkan kalian menjadi pemimpin sejati," kata Amsakar di Auditorium Unrika.

Pada kesempatan tersebut, Ketua Panitia PKKMB 2024, Vander Djesky Situmorang selaku mengatakan, bahwa pelaksanaan PKKMB kali ini berjalan lancar dan kondusif karena bekerja sama dengen semua dekan-dekan fakultas untuk meminimalisir ego sektoral dari pada masing masing fakultas.

"Semua teman-teman dari fakultas sangat berkontribusi dengan baik didalamnya, PKKMB tahun ini sangat membakar semangat para mahasiswa baru yang mengikuti PKKMB ini, mau itu dari acara Universitas dan Fakultas, karena diisi dengan kegiatan kegiatan yang bermanfaat, mau itu perkenalan eksternal maupun internal," ujar Vander Djesky Situmorang.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Unrika, Muryadi Aguspriawan dengan mengucapkan selamat datang  kepada mahasiswa baru di kampus tertua yang ada di Kepulauan Riau yang selalu melahirkan promotor promotor hebat yang menjadi pemimpin di Batam dan juga Kepri.

Disisi lain, menurutnya, PKKMB tahun ini adalah salah satu bentuk tanggung jawab awal yang diberikan kepada pengurus BEM Universitas Riau Kepulauan.

Ia berharap dengan adanya PKKMB ini, mampu menjadi pemantik awal untuk bagaimna mahasiswa di Unrika lebih berpartisipasi aktif dalam setiap kegiatan yang ada di kampus maupun di luar kampus.

"Dan juga perlu digaris bawahi adalah PKKMB ini hanyalah seremonial dan penyambutan belaka, setelahnya kita harus belajar lagi, harus membaca lagi, dan berdiskusi lagi kemudian berbuat sesuatu yang menjadi kebermanfaatan di lingkungan kampus maupun di luar kampus," ujar Ketua BEM Unrika. (Diego Saragih)

Editor : Red

Lebih baru Lebih lama