Molor dari Jadwal, Beasiswa Pemprov Kepri 2024 Akhirnya Disalurkan Usai Diberitakan Media Molor dari Jadwal, Beasiswa Pemprov Kepri 2024 Akhirnya Disalurkan Usai Diberitakan Media

Molor dari Jadwal, Beasiswa Pemprov Kepri 2024 Akhirnya Disalurkan Usai Diberitakan Media

Flyer Beasiswa Pemprov Kepri Tahun 2024. (Foto : dok/ist)

SMSNEWS.id | Batam - Diberitakan sebelumnya, penyaluran beasiswa atau bantuan biaya pendidikan kepada mahasiswa-mahasiswi Provinsi Kepulauan Riau pada Tahun Anggaran 2024 molor dari jadwal yang sudah ditentukan.

Pasalnya, sesuai jadwal yang telah disampaikan sebelumnya, bahwa penyaluran beasiswa tersebut akan dimulai dari tanggal 3 hingga 17 Juli 2024.

Diketahui, beasiswa tersebut diberikan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Riau (Kepri) dalam rangka meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya dibidang pendidikan tinggi melalui Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra).

Beasiswa ini bertujuan untuk meringankan beban biaya perkuliahan mahasiswa-mahasiswi Kepulauan Riau yang sedang berkuliah baik itu di kampus yang berada di wilayah Provinsi Kepulauan Riau maupun yang berkuliah diluar wilayah Provinsi Kepulauan Riau.

Beasiswa ini sifatnya bantuan stimulan yang diberikan satu kali dalam satu tahun disesuaikan dengan kondisi ketersediaan anggaran dari Pemprov Kepri. Dengan adanya bantuan beasiswa ini diharapkan agar mahasiswa dapat lebih bersemangat dan fokus untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan kualitas sumber daya manusia yang memiliki daya saing tinggi.

Penyaluran beasiswa ini dibagi dalam 5 (lima) klaster, yaitu D3 Berprestasi Dalam Kepri, D3 Tidak Mampu Dalam Kepri, S1/D4 Berprestasi Dalam Kepri, S1/D4 Tidak Mampu Dalam Kepri, dan S1/D4 Berprestasi Luar Kepri.

Adapun total anggaran yang dialokasikan untuk bantuan biaya pendidikan kepada mahasiswa-mahasiswi Provinsi Kepulauan Riau pada Tahun Anggaran 2024 ini sebesar 4,5 miliar rupiah dengan total penerima sebanyak 1.500 orang yang telah dinyatakan lolos verifikasi faktual.

Salah satu mahasiswa penerima beasiswa tersebut mengaku terbantu dan mengucapkan terima kasih atas bantuan biaya pendidikan yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan.

"Saya baru tau sore tadi kalau dana nya sudah masuk ke rekening, itupun setelah diberitahu teman, karena kemaren itu, pas buka rekening Bank Riau Kepri, saya tidak daftar M-Bangking, memang jumlahnya tidak banyak mas, cuma tiga juta per mahasiswa, tapi cukup membantu," kata pria yang tidak mau namanya dipublikasikan itu.

Ditanya soal keterlambatan penyaluran beasiswa tersebut, mahasiswa semester 4 yang kuliah di salah satu Universitas yang ada di Kota Batam itu berharap agar di tahun tahun berikutnya tidak lagi terjadi keterlambatan penyaluran sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan.

"Ya, kalau soal keterlambatan penyalurannya, memang kita sedikit kecewa, karena kan semua proses atau tahapan sudah terjadwal, dan program ini kan sudah berjalan di tahun tahun sebelumnya, artinya bukan pertama kali lagi, harusnya sudah matang dong dalam teknis pelaksanaan nya," ujarnya kepada awak media ini saat ditemui di salah satu kedai kopi di seputaran SP Plaza, Batu Aji, Kota Batam, Jum'at (16/8/25) malam.

Ditempat yang sama, mahasiswa lainnya yang juga terdaftar sebagai penerima beasiswa Pemprov Kepri tahun 2024 tersebut berharap agar kedepannya menjadi pembelajaran bagi pihak pemerintah dalam menentukan jadwal.

"Kalaupun kedepannya program ini masih tetap dijalankan, tentunya kita berharap agar pemerintah lebih teliti lagi dalam menentukan jadwal, mulai dari proses pendaftaran, verifikasi, hingga penyaluran. Kemudian memberikan informasi kepada publik apabila ada perubahan jadwal, agar tidak jadi bias," ujar mahasiswa penerima beasiswa dari klaster S1/D4 Berprestasi Dalam Kepri itu.

Dari informasi yang dihimpun awak media ini, beasiswa Pemprov Kepri tersebut disalurkan melalui 2 (dua) perbankan, yaitu BRI dan Bank Riau Kepri sesuai dengan nomor rekening masing-masing mahasiswa yang telah dinyatakan lolos verifikasi faktual.

Kendati demikian, beasiswa yang telah disalurkan belum secara keseluruhan, akan tetapi masih hanya mahasiswa yang menggunakan rekening Bank Riau Kepri saja yang telah disalurkan. Sedangkan untuk mahasiswa yang menggunakannya rekening Bank Rakyat Indonesia (BRI) belum disalurkan.

Hingga berita ini diterbitkan, belum diketahui secara pasti apa alasan dari keterlambatan penyaluran beasiswa tersebut. Media ini masih berupaya melakukan konfirmasi kepada Kepala Biro (Karo) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Provinsi Kepri, Aiyub, S.E., M.Si. guna mendapatkan informasi yang akurat. (Hotman)

Editor : Red

Lebih baru Lebih lama