Cegah Barang Ilegal, Kapolsek Kawasan Pelabuhan Sorong Bangun Kerjasama dengan Stakeholder Cegah Barang Ilegal, Kapolsek Kawasan Pelabuhan Sorong Bangun Kerjasama dengan Stakeholder

Cegah Barang Ilegal, Kapolsek Kawasan Pelabuhan Sorong Bangun Kerjasama dengan Stakeholder

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Sorong, Polresta Sorong Kota, Iptu Ihot RP Tampubolon, S.H., M.H. (Foto : dok/ist)

SMSNEWS.id | Sorong - Sebagai salah satu upaya pencegahan keluar-masuknya barang yang diduga tidak memiliki dokumen atau ilegal, Kapolsek Kawasan Pelabuhan Sorong, Polresta Sorong Kota, Iptu Ihot RP Tampubolon, S.H., M.H. membangun hubungan kerja sama dengan berbagai stakeholder.

Hal itu disampaikan oleh Iptu Ihot Tampubolon setelah resmi menjabat sebagai Kapolsek Kawasan Pelabuhan Sorong per tanggal 14 Agustus 2023 lalu.

"Langkah awal yang saya lakukan adalah membangun koordinasi dan komunikasi kepada stakeholder yang ada, diantaranya KSOP, PT. Pelindo Regional 4 Sorong, PT. Pelni, juga pihak Bea dan Cukai serta pihak pihak lain baik instansi pemerintah maupun swasta dan juga warga masyarakat," kata Iptu Ihot Tampubolon saat ditemui awak media ini di ruang kerjanya, Senin (4/9/23).

Usai dinyatakan resmi menjabat sebagai Kapolsek Kawasan Pelabuhan Sorong, Iptu Ihot Tampubolon mengaku langsung menemui para pejabat yang ada di lingkungan kawasan pelabuhan, karena menurutnya, membangun hubungan kerja sama dengan stakeholder yang ada sangatlah penting.

"Hal itu saya lakukan sebagai langkah awal untuk menjalin hubungan komunikasi dalam menjalankan tugas, agar kerja sama kedepannya dapat berjalan baik, sekaligus sebagai perkenalan diri saya. Karena Sorong merupakan pintu gerbang Papua Barat Daya, Papua Barat dan Papua, sehingga perlu penanganan serius dan sangat dibutuhkan kerja sama dari berbagai pihak," ujar Iptu Ihot.

Iptu Ihot Tampubolon menjelaskan kepada media ini, Polsek Kawasan Pelabuhan Sorong sendiri membawahi 5 Pelabuhan diantaranya, pelabuhan kontainer atau pelabuhan penumpang, pelabuhan usaha mina, pelabuhan perikanan, pelabuhan rakyat.

Termasuk pelabuhan jembatan puri yang merupakan pelabuhan ikan terbesar di Papua Barat Daya, tempat transaksi jual beli ikan oleh masyarakat, "Pelabuhan jembatan puri itu juga masuk pada wilayah kerja Polsek Kawasan Pelabuhan Sorong," pungkasnya.

Ihot mengaku, semua pejabat yang dikunjungi mendapat apresiasi serta respon yang baik dan juga mendukung kerja sama dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban di wilayah pelabuhan Sorong.

Selain membangun hubungan kerja sama dengan instansi terkait, Iptu Ihot Tampubolon menyebutkan bahwa peran personil Polsek Kawasan Pelabuhan Sorong yang berjumlah 21 orang juga merupakan garda terdepan dalam mengawasi keluar masuknya barang pasa setiap kapal di Pelabuhan Sorong.

"Baik kapal masuk, maupun kapal keluar, personil kita akan bekerja sama dengan pihak terkait lainnya dalam mencegah adanya barang barang ilegal yang tidak memiliki ijin atau tidak sesuai dengan manifes. Saya sudah tempatkan personil di lima pos wilayah tugas Polsek Kawasan Pelabuhan," jelas Ihot.

Rencana Pemasangan CCTV di Kawasan Pelabuhan

Berdasarkan beberapa laporan dari masyarakat, kata Iptu Ihot Tampubolon, di beberapa pelabuhan kecil, seperti pelabuhan rakyat dan pelabuhan jembatan puri, warga sering mengalami kehilangan ikan, bahkan aksi copet juga kerap terjadi di kawasan pelabuhan tersebut.

Menanggapi hal itu, Kapolsek Kawasan Pelabuhan Sorong itu berencana akan memasang CCTV di beberapa titik lokasi di kawasan pelabuhan yang rawan terjadi indikasi tindak pidana.

"Khusus di kantor kita, akan dipasang layar monitor, agar personil kita dapat memantau aktivitas masyarakat. Mohon doa dan dukungan dari masyarakat agar rencana ini dapat terwujud," pinta Kapolsek Iptu Ihot.

Kegiatan Rutin Polsek Kawasan Pelabuhan Sorong, "Jumat Curhat"

Disamping fokus memantau aktivitas di kawasan pelabuhan, Kapolsek Kawasan Pelabuhan Sorong juga mengagendakan sebuah kegiatan rutin dengan melakukan pertemuan bersama warga bertajuk "Jumat Curhat"

"Kita melakukan itu, guna mendengarkan keluhan dan aspirasi warga secara langsung, apa yang menjadi curahan hati warga setiap minggunya," ujar Iptu Ihot.

Kapolsek Iptu Ihot menuturkan bahwa kegiatan Jumat curhat sudah lakukan dua minggu lalu di pelabuhan jembatan puri.

Ditengah perbincangannya dengan awak media ini, Iptu Ihot Tampubolon mengisahkan perjalanan tugasnya sebagai anggota Polri, awal bertugas ia ditempatkan di Sorong, kemudian dipindahkan ke Polda Papua Barat, dan saat ini menjabat sebagai Kapolsek Kawasan Pelabuhan Sorong, Polresta Sorong Kota. (Jos)

Editor : John

Lebih baru Lebih lama