Mengenang 25 Tahun Reformasi Lewat Pameran Fotografi Mengenang 25 Tahun Reformasi Lewat Pameran Fotografi

Mengenang 25 Tahun Reformasi Lewat Pameran Fotografi

Persatuan Aktivis Nasional (Pena) 98 menyelenggarakan pameran fotografi terkait peristiwa reformasi mei 1998. (dok/Bil)

SMSNEWS.id | Jakarta – Persatuan Nasional Aktivis (Pena) 98 menyelenggarakan pameran 250 foto untuk mengenang 25 tahun peristiwa reformasi. Pameran foto itu berlangsung dari Kamis (11/5/2023) hingga Rabu (17/5/2023).

Awak media SMSNEWS.id mengunjungi pameran tersebut, yang berlokasi di Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (11/5/2023) pukul 17.30 WIB sampai 19.00 WIB.

Sejumlah pengunjung terlihat datang ke lokasi pameran berdasarkan pantauan awak media ini. Pengunjung terlihat mengelilingi halaman dan bangunan dalam Graha Pena 98 yang dijadikan lokasi pameran fotografi itu.

Sejumlah 250 foto dan potongan koran lama edisi 1998 menghiasi dinding hitam di lokasi tersebut.

Foto-foto tersebut memiliki tema-temanya sendiri, seperti contohnya ‘Tolak Militerisme!’, ‘Cabut Dwi Fungsi ABRI’, ‘Rakyat Dukung Reformasi’, dan ‘Terus Melawan’.

Foto-foto peristiwa reformasi itu merupakan karya sejumlah nama aktivis di masa lalu, salah satunya oleh Muhammad Firman Hidayatullah.

Selain foto, potongan-potongan surat kabar tahun 1998 dari sejumlah nama kantor berita, seperti ‘Kompas’, ‘Media Indonesia’, ‘Republika’, dan ‘Merdeka’ juga dinikmati oleh hadirin di pameran seni itu.

Staf Humas Pena 98, yang juga merupakan salah satu aktivis Reformasi, Muhammad Sopiyan, saat diwawancarai awak media ini, menjelaskan, pameran fotografi tersebut merupakan salah satu wujud rasa syukur para aktivis 98 karena bangsa Indonesia telah melangkah jauh di era demokrasi hingga sekarang ini.

“Pameran ini juga diselenggarakan untuk melawan lupa [perjuangan reformasi 98]. Kami juga tidak menyangka bahwa era orde baru saat itu telah berakhir,” pungkas Sopiyan. (Billy)

Editor : Js

Lebih baru Lebih lama